Blogger templates

Pages

Friday, September 9, 2011

Instalasi Aplikasi Tambahan di Linux Fedora 7

Barangkali ada beberapa rekan yang baru beralih ke Linux Fedora 7 dan belum menemukan aplikasi tambahan yang perlu diinstal untuk keperluan sehari-hari, so… saya coba ceritakan paket aplikasi tambahan yang saya instal dalam distro Linux Fedora 7 yang saya gunakan. Saya membagi aplikasi tersebut dalam beberapa kategori: Office dan Programming, Internet, Multimedia, dan Utility. Aplikasi tersebut saya bagi lagi menjadi aplikasi yang paketnya saya ambil dari Repository Fedora 7 dan paket yang saya ambil dari sumber lainnya. Untuk konfigurasi repository Fedora 7 dapat dibaca disini.
Aplikasi Internet:
  1. Mozilla Thunderbird 2.0.0.5: Saya menggunakan repository-nya Fedora. Silahkan download source-nya dari repository Fedora 7.
  2. Pidgin: Sebagai pengganti yahoo messenger di Windows, saya instalasikan juga aplikasi ini. Aplikasi ini support protokol Yahoo Messenger lho… Sayangnya saya belum sempat menggunakannya. Hehe…
  3. Filezilla: Ini aplikasi favorit saya dalam mengupload data web ke shared hosting Linux yang saya gunakan. Paket RPM-nya saya ambil dari http://download.tuxfamily.org/rpm/drpixel/fedora/7/i386/.
  4. Putty: paket ini ada di repository Fedora 7.
  5. Plugin flash: Untuk browser favorit saya (mozilla firefox) agar support flash, saya instalkan aplikasi ini. Langkah-langkahnya:
  • Download Plugin Flash dari situs resmi Adobe. Pilih: Option 2: .rpm.
  • Download the .rpm file (RPM, 2,545 K) dan simpan ke HDD.
  • Jalankan perintah Install: rpm -ivh flash-plugin-9.0.48.0-release.i386.rpm
Aplikasi Programming:
  1. Bluefish, Dia, Scribus paketnya saya ambil dari Repository Fedora 7.
  2. phpMyAdmin, petunjuk instalasi di artikel saya tentang Instalasi phpMyAdmin.
  3. Adobe Reader 7.0.9:
  • Download Acrobat Reader for Linux dari situs resminya, (Pilih: Operating system: Unix/Linux, Version: Linux (.rpm)
  • Jalankan perintah Instal: rpm -ivh AdobeReader_enu-7.0.9-1.i386.rpm
Ada sedikit trouble dengan aplikasi Adobe Reader ini, rekan-rekan bisa menyelesaikkannya dengan mengedit item berikut ini menggunakan Gedit:
# gedit /usr/local/Adobe/Acrobat7.0/bin/acroread
Baris ~418:
Dari:
echo $mfile| sed ‘s/libgtk-x11-\([0-9]*\).0.so.0.\([0-9]\)00.\([0-9]*\)\|\(.*\)/\1\2\3/g’
Menjadi:
echo $mfile| sed ‘s/libgtk-x11-\([0-9]*\).0.so.0.\([0-9]*\)00.\([0-9]*\)\|\(.*\)/\1\2\3/g’
Baris ~643:
Dari: MIN_GTK_VERSION=”240″ menjadi: MIN_GTK_VERSION=”2040″
Aplikasi Multimedia:
Untuk 3 aplikasi Multimedia (MPlayer, XMMS, dan Xine) di bawah ini, saya menggunakan repository tambahan dari Livna Repository, caranya dengan menambahkan konfigurasi repository tersebut pada konfigurasi Repository system yang saya gunakan dengan cara berikut:
# rpm -ivh http://rpm.livna.org/livna-release-7.rpm
# rpm –import /etc/pki/rpm-gpg/RPM-GPG-KEY-livna
RealPlayer:
Aplikasi Utility:
GnomeBaker dan XCDRoast
Anti virus clamav

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger