Blogger templates

Pages

Saturday, February 25, 2012

Cara Setting Google Public DNS

Baru-baru ini Google mengeluarkan Public DNS untuk bisa dipakai untuk umum, ini berfungsi sebagai privasi dan kecepatan dalam hal nya browsing.
Pengguna internet rata-rata melakukan pencarian DNS ratusan setiap hari, memperlambat  pengalaman browsing. Sebagai web terus berkembang, beban yang lebih besar diletakkan pada infrastruktur DNS yang ada.
Karena mesin pencari Google telah menjelajahi web setiap hari dan dalam proses menyelesaikan dan informasi DNS cache,  Google memanfaatkan teknologinya untuk bereksperimen dengan cara-cara baru menangani beberapa tantangan DNS yang ada di sekitar kinerja dan keamanan. Google menawarkan layanan kepada publik dengan harapan mencapai tujuan berikut:
1. Menyediakan pengguna internet dengan sebuah alternatif untuk layanan DNS mereka saat ini. Google Public DNS dibutuhkan beberapa pendekatan baru yang Google percaya menawarkan lebih banyak hasil yang valid, peningkatan keamanan, dan, dalam banyak kasus, kinerja yang lebih baik.
2. Membantu mengurangi beban pada ISP ‘server DNS. Dengan mengambil keuntungan dari data global Google pusat dan cache infrastruktur, Google dapat langsung melayani sejumlah besar permintaan pengguna tanpa harus query DNS resolvers lain.
3. Membantu membuat web berjalan lebih cepat dan lebih aman. Kami meluncurkan layanan percobaan ini untuk menguji beberapa cara baru untuk mendekati DNS-tantangan yang terkait. Kami berharap untuk berbagi apa yang kita pelajari dengan pengembang dari DNS resolvers dan komunitas web yang lebih luas dan mendapatkan umpan balik mereka.
Sekarang bagaimana caranya ya untuk menggunakan Google Public DNS ?
Jika anda menggunakan windows XP:

Google Public DNS
Google Public DNS
Pertama anda harus masuk ke control panel, lalu pilih “network connections”, pilih local area connection yang anda pakai, right click dan pilih properties.
Google Public DNS
Google Public DNS
Sesudah anda masuk ke properties, anda pilih “Internet Protocl (TCP/IP) lalu klik Properties.
anda bisa ganti DNS server: (ingat jika sudah ada settingan di DNS server anda, copy paste di notepad terlebih dahulu jadi jika terjadi error, anda bisa membalikan ke DNS semula)
preferred DNS Server: 8.8.8.8
Alternate DNS Server: 8.8.4.4
Sesudah diganti, klik OK dan OK lagi.
Setting Google DNS Server
Setting Google DNS Server
Setelah setting sudah selesai, anda harus masuk ke DOS command. Klik “Start” pada menu kiri bawah, “run” isi dengan “cmd” dan klik ok. Maka akan terbuka sebuah windows baru yang merupakan program DOS.
Pada program DOS, anda ketik: ipconfig /flushdns
lalu tekan enter. *ada spasi antara ipconfig dan tanda miring*
Jika anda menulisnya dengan benar maka akan muncul tulisan:
Windows IP Configuration
Successfully flushed the DNS Resolver Cache

Setelah itu, mari kita test apakah DNS anda sudah berubah menjadi Google DNS Server:
Cara setting Google DNS Server
Cara setting Google DNS Server
pada program DOS, anda ketik kembali: nslookup www.microsoft.com
lalu tekan enter
Jika anda melihat: Server: google-public-dns-a.google.com
maka anda sudah berhasil memakai google public DNS
Selamat ya

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger